Sality

Beberapa minggu belakangan ini temen – temen saya banyak yang datang kepada saya, mereka semua mengeluh karena komputer(PC) atau Laptop(Notebook) mereka menjadi lambat, terkena infeksi dari virus, dan macam lainnya. Setelah di telaah memang banyak dari mereka terkena virus Sality yang sepertinya telah berevolusi dengan virus Shortcut sehingga virus ini memiliki sistem yang powerfull. Saya sangat salut terhadap mereka yang membuat virus karena mereka memiliki skill yang tidak biasa(Canggih :P ). …. halah…. jadi banyak cerita, ok persiapan yang perlu kita jalani sebelum bermain – main dengan sality adalah dengan memeriksa ke dalam register editor ” Start > Run ” ketikkan regedit lalu enter(hmm… ga bisa buka yah.. kok admin malah minta persetujuan admin? admin yang mana satu?…)buka task manager untuk kill prosess” Start > Run ” ketikkan taskmgr lalu enter( task manager?!?!? sama juga ga bisa di buka…) hmmm… sepertinya virusnya dah active tuh … Kita coba non-activekan dulu yah caranya :
01. Klik “Start > run” ketikkan msconfig.
02. Kemudian pilih tab SYSTEM.INI klik “Disable All“. Virusnya tuh yang MCI Drivers=xxxx << random atau acak :P
03. Kemudian pada tab Services pilih “Disable All“.
04. Lakukan hal yang sama pada tab Startup.
05. Kemudian “Log Off” << bukan shutdown, lalu siapkan peralatan perangnya :D Pada step ini kita harus sudah download program atau antivirus yang canggih saya sarankan Dr.Web Cure It!, Download di komputer yang tidak terinfeksi yah, terus di “.ZIP” << bukan “.RAR” karena ntar kita jalanin scannernya dari ZIP :P
06. Setelah selesai download login kembali ke komputer yang terinfeksi dan masukkan USB(Flasdisk) yang sudah ada file zip “Klik kanan > Open” pada window baru “klik kanan > Open“.
07. Akan muncul windows baru dengan mode Enchanced Klik start scan ajah … tungguin deh tuh scanner nya :P .

Setelah selesai scan, Fix file – file yang terkena infeksi pake >> ini << atau cari di om google Registry repair (Belum sempat Upload…:P), kemudian check service – service yang mati, restart servicenya lagi. Huh…. lama juga scanning nya (dapet berapa virus ?….) Semoga membantu teman – teman semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar